
Laporan Kepuasan Pelanggan Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan 2025
Tanggal Posting | : | Jumat, 14 Juli 2025 - 01:30:21 WIB |
Dibaca | : | 137 kali. |
Diposting oleh | : | Admin Website |
Laporan kepuasan berikut ditulis berdasarkan hasil Survei Kepuasan Pelanggan Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan sepanjang Tahun 2025. Survei diikuti oleh total 128 responden dari pelanggan berupa instansi yang mendapatkan hasil pemeriksaan, maupun individu seperti peserta magang di Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan 2025.
A. Latar Belakang
Peningkatan kualitas pelayanan publik perlu dilakukan secara berkelanjutan, sehingga adanya evaluasi penting untuk dilaksanakan. Berdasarkan hal tersebut, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik mengatur prosedur survei kepuasan pelanggan pelayanan publik. Survei yang dilakukan oleh Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan berikut bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat, dalam hal ini pelanggan Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan terhadap layanan yang diterima. Selain itu, pihak Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan sebagai penyedia layanan turut membuka sarana pengaduan, saran, dan masukan untuk menampung aspirasi publik demi kemajuan layanan laboratorium di Indonesia.
B. Tujuan
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) ini bertujuan untuk mengukur tingkat persepsi masyarakat terhadap layanan yang disediakan oleh Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan. Selain itu, SKM berikut merupakan sarana untuk menjamin akses informasi publik terhadap informasi dan dokumen pelayanan Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan.
C. Informasi Peserta Survei Kepuasan
Pengguna layanan Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan umumnya adalah petugas epidemiolog dan surveilans dari dinas kesehatan provinsi maupun
dinas kesehatan kota (89%), beberapa lainnya adalah tenaga kesehatan dari fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit yang merujuk spesimen untuk diuji. Pengguna layanan seperti peserta magang adalah mahasiswa dari universitas yang memerlukan pengalaman kerja lapangan di instansi penyedia layanan kesehatan seperti Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan.
D. Kesimpulan
- Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan memiliki mutu pelayanan dengan kategori Baik dengan nilai total SKM 82,03.
- SKM dilakukan dengan merekrut pelanggan yang pernah menerima layanan dari Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan. Setiap pelanggan mengisi survei melalui Google Formulir yang dibagikan setelah penyedia layanan dan pelanggan menyelesaikan seluruh prosedur layanan.
- Unsur pelayanan terbaik dimiliki oleh unsur penanganan pengaduan, saran, dan masukan dengan nilai rata-rata 3,781 dan predikat ‘Sangat baik’.
- Unsur pelayanan yang perlu diperhatikan adalah unsur waktu penyelesaian dengan nilai rata-rata 3,047 dan predikat ‘Baik’.
Link Terkait :

Laporan Kepuasan Pelanggan Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan 2025
Laporan kepuasan berikut ditulis berdasarkan hasil Survei Kepuasan Pelanggan ...